Bahaya : Ini Budaya Makan Tidak Sehat..!!

Perubahan gaya hidup suatu masyarakat berhubungan dengan perubahan budaya. Makanan alamiah yang berasal dari pertanian, seperti beras, gandum, jagung, ubi, dan singkong, menjadi lebih menarik lagi apabila diolah dengan modern sesuai dengan tuntutan zaman. Dahulu, bahan makanan tersebut hanya diolah dengan cara dikukus atau direbus. Saat ini kedua bahan makanan tersebut dapat diolah menjadi berbagai macam kue, popcorn, keripik, dan sebagainya. Dengan demikian, perkembangan dan peningkatan perekonomian sebagian masyarakat juga membentuk kebiasaan makannya.
Pola makan yang tidak baik adalah mengonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi garam, tinggi gula, tetapi rendah serat dan vitamin. Makanan yang kurang bergizi ini disebut dengan istilah junk food. Berikut Sembilan golongan makanan tinggi lemak, tinggi garam, tinggi gula, tetapi rendah serat dan vitamin. 


1.   Makanan Gorengan

Goolongan makanan ini memiliki kandungan kalori, lemak/minyak, dan oksidan yang tinggi. Bila dikonsumsi secara terus menerus, gorengan dapat menyebabkan kegemukan dan meningkatkan kadar asam lemak dalam darah yang berisiko memunculkan penyakit jantung koroner. Selain itu penggunaan minyak goring yang berulang – ulang dalam proses menggoreng banyak menimbulkan zat karsiogenik (zat pemicu munculnya kanker). Berbagai penelitian telah membuktikan besarnya kecendrungan risiko kanker bagi mereka yang sering mengonsumsi makanan gorengan. Orang yang biasa mengonsumsi gorengan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker daripada orang yang tidak/sedikit mengonsumsi makanan gorengan.

2.   Makanan Kalengan

Kandungan gizi, terutama vitamin, dari makanan kalengan baik yang berupa buah kalengan atau daging kalengan sudah banyak rusak. Selain itu kandungan protein dalam makanan kalengan juga telah mengalami perubahan sifat. Dampaknya, penyerapan protein tersebut dalam saluran pencernaan menjadi tidak sempurna. Buah kalengan biasanya ditambahkan dengan kadar gula tinggi. Jika buah kalengan dalam bentuk cair tersebut dikonsumsi, maka tubuh menyerapnya dengan sangat cepat. Lonjakan kadar gula secara mendadak ini dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan membuat pancreas bekerja lebih keras untuk menghasilkan insulin. Jika hal ini terjadi dala waktu lama, maka dapat memicu timbulnya diabetes mellitus.

3.   Makanan Yang Diasinkan

Dalam proses pengasinan, dibutuhkan penambahan garam dalam jumlah cukup banyak. Penambahan tersebut kadang dilakukan secara berlebihan hingga melewati ambang batas yang dianjurkan. Penambahan asupan garam dapat menambah berat beban ginjal dan dapat menyebabkan hipertensi. Terlebih, selama proses pengasinan sering ditambahkan zat aditif yang menyebabkan peningkatan bahaya timbulnya kanker hidung dan tenggorokan. 

4.   Daging Olahan

Makanan daging yang diproses, seperti hamburger, sosis, dan lain sebagainya, mengandung natrium dalam kadar yang tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar secara terus menerus, makanan jenis ini dapat meningkatkan tekanan darah yang memberatkan kerja ginjal. Makanan tersebut juga mengandung pengawet/pewarna yang dapat semakin memperberat kerja hati.

5.   Makanan dari Daging Berlemak dan Jeroan

Walaupun makanan ini mengandung protein, vitamin, mineral, tapi dalam daging berlemak mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan kanker (terutama kanker usus besar).
6.   Olahan Keju

Makanan olahan keju, seperti Cake/kue keju bertelur, biasanya tinggi lemak dan gula. Sering mengkonsusi olahan keju dapat menyebabkan penambahan berat badan dan peningkatan kadar gula darah.

7.   Mi Instan

Makanan ini tergolong makanan tinggi garam, tapi miskin vitamin dan mineral. Kadar garam dapat memperberat kerja ginjal, mingkatkan tekanan darah, serta memberatkan kerja pembuluh darah jantung.

8.   Makanan yang Dipanggang/Dibakar

Makanan panggang/bakar pada dasarnya menggunakan bahan makanan tinggi zat gizi seperti sapi, ayam, dan ikan. Bahan – bahan makanan tersebut sangat baik untuk tubuh kita. Akan tetapi, makanan tersebut menyisakan karbon dari sisa hasil pembakaran yang sapat membahayakan kesehatan, karena merupakan penyebab kanker.

9.   Sajian Manis Beku

Makanan ini seperti es krim, Cake beku, cokelat manis, dan lain sebagainya. Golongan makanan ini mengandung mentega sangat tinggi (kalori tinggi) yang dapat menyebabkan obesitas. Selain into, makanan inii juga mempunyai kadar gula tinggi, sehingga dapat mengurangi nafsu makan. Hal ini jelas akan mengganggu asipan makanan lain yang bergizi.



 



Artikel Yang Lebih Keren..!:


share on facebook

0 komentar:

Post a Comment