Ini Cara Sehat Makan Pasta Ala Alhairat.com

Apa itu pasta..?

Pasta adalah makanan yang biasanya digunakan pada masakan Italia, yang terbuat dari tepung terigu, air, telur, dah garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk.

Makanan ini dapat dijadikan berbagai macam hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Nah, di Indonesia yang kaya akan masakan kulinernya ini, jenis pasta yang biasa dipakai misalnya spageti, makaroni, dan lasagna.

Pasta itu dari bahasa Italia “pasta alimantare” yang berarti adonan bahan makanan.  Dalam bahasa Italia, pasta yang berarti bahan makanan seperti mi disebut pasta ciutta. Kalau di Indonesia yah sama aja, tetap juga di bilang mi kan sudah jelas dibilang pasta kok masih aja dibilang mi malah ditambahin lagi dengan nama “Mie Sedap”. Yah itu cumin canda, yah kalau mi pastinya berbeda lah dari pasta. 

Sejarah Pasta.

Dulu pasta sangat banyak dijumpai di berbagai tempat di dunia, terutama di wilayah dengan penduduk yang menjadikan gandum dan serelia sebagai makanan pokok. Kemungkinan yang dapat terjadi adalah merupakan alternatif dari bubur atau roti, karena pasta merupakan  makanan awetan yang dibuat tanpa perlu dimasak.

Di Eropa, catatan tertulis paling tua tentang makanan serupa mi ditemukan pada hiasan makam orang Etruscan di Italia Tengah yang berasal dari tahun 400 SM. 
Jenis – Jenis Pasta
Pasta mempunyai berbagai macam jenis bentuk dan ukuran. Di Italia terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta bentuk yang baru. Pasta yang berbentuk panjang-panjang seperti mi disebut spageti, jika bentuknya yang lebih kurus disebut vermicelli, variasi yang panjang dan pipih seperti kwetiau disebut linguine, sedangkan versi yang agak tebal disebut fettucine.
Jenis pasta biasanya diambil berdasarkan nama-nama bentuk pasta dalam bahasa Italia. 
Pasta berbentuk pendek-pendek seperti pena disebut penne, sedangkan pasta berbentuk kupu-kupu disebut farfalle. Dan masih banyak lagi jenis – jenis pasta yang jika saya jelaskan satu persatu maka postingan ini belum bisa anda baca.

Cara Sehat Makan Pasta Di Rumah

Jika kita melihat dari sisi sehatnya maka pasta juga memiliki beberapa kandungan gizi yang baik. Seperti halnya karbohidrat yang berfungsi sebagai penghasil kalori, serta protein yang berfunsi sebagai penghasil energy, pembangun jaringan – jaringan baru dan mengganti yang rusak, pembuat enzime dan hormon, penjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh serta pembentuk antibodi.

Bagaiman menurut anda? mari kita kepembahasan inti pada postingan kali ini.

1.    Tambahkan sayuran disetiap sajian pasta

Sayuran akan menambah nutrisi dan rasa yang unik dan sedap dalam setiap penyajian pasta anda. Sebaiknya anda memilih sayur – sayuran segar dan berwarna warni karena dapat menambah nilai gizi dan juga menambah kecantikan dari sajian pasta anda. Seperti anda menambahkan tomat, bayam, paprika, terong, jamur, bahkan brokoli tentu pasta anda akan terlihat menarik dan segera dilahap oleh orang yang anda cintai.

2.    Tambahkan Protein sehat dari Hewani

Sebelumnya sudah saya tulis di atas pasta mempunyai kandungan protein yang tinggi. Dan saya sudah menulis juga beserta fungsi dari protein itu sendiri. Kenapa harus ditambah lagi protein sedangkan protein dalam pasta sudah cukup tinggi? Apakah anda jamin jika dalam proses anda memasak pasta itu zat gizi seperti proteinnya tidak hilang? Nah jika anda tidak dapat menjamin, bagaimana kita menambah nilai protein sehatnya untuk kebutuhan protein tubuh anda agar tetap sehat dan kuat. Hanya cukup anda menambahkan protein pada dada ayam tanpa kulit atau udang yang telah dibakar atau dipanggang atau dibakar sekalipun akan menambahkan kelezatan hingga pasta terakhir jika orang yang anda cintai merasakannya.

3.    Perhatikan Saus yang Anda Gunakan

Di Amerika serta di Indonesia mengolah pasta umumnya menggunakan saus yang sangat lezat. Tapi apakah semua saus bisa dan enak jika ditambahkan dengan pasta yang anda buat. Ini menjadi syarat juga apakah pasta yang anda buat selama ini sehat atau sedikit sehat.  Dari berbagai macam sumber yang saya temukan dan terbaru dari kompas.com merekomendasikan anda untuk tidak memilih saus yang mengandung lemak dan kalori tinggi. 
tidak memilih saus yang mengandung lemak dan kalori tinggi
Sebaiknya buatlah saus pasta sendiri untuk mengurangi kadar natrium yang tinggi pada saus kemasan yang ada di pasaran saat ini. Jika anda tidak mau repot untuk membuat saus sendiri ataupun dengan kendala yang lain, cobalah untuk selalu cek label saus pasta yang hendak anda beli dan pastikan bahwa saus tersebut lebih sehat.

Semoga Bermafaat.











Artikel Yang Lebih Keren..!:


share on facebook

0 komentar:

Post a Comment