10 Makanan Yang Buat Jantung SBY Sehat

Ada makanan yang buat jantung kita sehat, dan ada juga yang buat  jantung kita menderita. Dan di antara makanan kita sehari hari yang biasa kita lahap itu ternyata ada nutrisi penting bagi kesehatan jantung kita. Dan setiap yang kita konsumsi akan membuat kita sehat. Apa saja makanan yang buat kita sehat? Ini Di bawah tipsnya :

Suka makan tahu, tempe, susu kedelai, atau kecap? Berbagai produk olahan kedelai ternyata bisa menjadi salah satu nutrisi penjaga kesehatan jantung. Ada sejumlah makanan lain yang bisa dikonsumsi secara rutin. Bukan hanya enak tetapi bikin jantung kuat dan sehat!

Olahraga teratur, tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol sudah dikenal bisa menjaga kesehatan jantung. Ternyata bukan hanya itu. Makan makanan tertentu secara teratur bisa memelihara jantung tetap sehat, seperti makanan berikut ini:
 
Ikan Salmon
Salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk mengurangi risiko peradangan dan menekan pembekuan darah. Biasakan untuk makan ikan salmon, tuna atau sarden minimal dua kali per minggu. Untuk jantung yang sehat, cobalah steak salmon dengan salad dan kucuri sedikit air jeruk lemon. Dan yang penting menurut anda sehat dan enak yang bergizi semua bisa anda santap. Kalau ga ada salomon Sailermon pun jadilah.

Minyak zaitun
Mulai sekarang cobalah untuk mengganti minyak goreng anda dengan minyak zaitun. Minyak zaitun membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena bisa menurunkan kadar kolesterol LDL. Jangan menggunakan minyak goreng yang berkali – kali telah terpakai, selain tinggi kolestrol tinggi juga bau ikan asinnya.

Oats
Oats mengandung serat larut yang disebut beta glucan yang membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL. Selain itu, beta glucan juga membantu menjaga sistem pencernaan. Tambahkan madu, susu rendah lemak dan potongan stroberi untuk agar jauh lebih nikmat sebagai menu sarapan. Jangan anda paksakan kalau memang tidak ada di rumah anda. Karena yang biasa makan oats hanya kalangan tertentu saja, yang biasa makan ubi yah ubi saja.

Apel
Apel memiliki kandungan fitokimia yang disebut quercetin yang bertindak sebagai anti peradangan dan dapat membantu mencegah penggumpalan darah. Apel juga memiliki kandungan serat dan vitamin. Makan satu buah apel dengan campuran kacang kenari dan almond sebagai kudapan sehat. Terlebih jika di buat juz, maka anda dengan seketika merasakan manfaat dan kesegaran juz apel di tengah panasnya hari ini.

Kacang almond
Almond dan kacang-kacangan lainnya mengandung minyak sehat, vitamin E dan zat lain yang  membantu menjaga kadar kolesterol. Almond juga merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak serat. Jadikan almond atau kacang-kacangan sebagai camilan saat menonton TV. Jangan hanya begadang saja anda ngemil kacang – kacangan yah,,karena kacang sebenarnya banyak manfaatnya, biasakan juga masak sayur kacang atau di tambah dengan kacang almond.

Red Wine
Konsumsi red wine terbukti baik untuk jantung. Pasalnya red wine memiliki antioksidan tinggi yang disebut resverartrol. Kandungan senyawa yang baik melindungi kesehatan jantung anda.

Bijian Utuh
Setiap butir bijian utuh menyediakan vitamin dan serat yang dapat membantu menjaga jantung  tetap sehat. Bisa berupa sandwich whole wheat dengan  irisan daging ayam , dan  tomat. Mengenyangkan dan sehat! Tapi apakah semua tomat berkhasiat? Jangan gunakan tomat buat sambel yah, nanti amin mata lagi.

Sayur Hijau
Sayuran hijau mengandung folat, dan vitamin E, yang dapat menjaga kadar homoseistein. Konsumsi sayuran berdaun hijau juga dapat melindungi daya ingat karena faktor usia. Siiipp…ini dia yang nomor satu bagi saya penggemar sayur, jika anda mau sehat alamiah jangan tunggu untuk mengkonsumsi sayur hijau.

Tomat
Tomat yang mengandung vitamin dan likopen telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Tambahkan irisan  tomat pada sandwich atau pasta gandum. Bahkan, saus tomat dan tomat kalengan yang biasa dibeli di toko mengandung kadar lycopene dua kali lebih banyak dari tomat biasa. Luar biasa yah,,! Ternyata tomat termasuk urutan ke dua dalam pembuatan sambel.

Kedelai
Protein pada kedelai telah terbukti untuk mencegah serangan jantung. Kandungan protein dalam kedelai sangat baik untuk pengganti daging merah. Olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan kecap bisa menjadi selingan menu yang menyehatkan. Yah,,kedelai sangat baik untuk kita konsumsi, seperti halnya untuk menyulapnya menjadi susu, tempe,tahu maka santapan kuliner akan terjadi lagi.
Semoga bermanfaat.





Artikel Yang Lebih Keren..!:


share on facebook

0 komentar:

Post a Comment