Top 10 Makanan Sehat Di 2012

Makanan yang sehat bukan hanya sekedar enak saja, tapi juga kita harus melihat dari sisi kesehatannya juga.  Apakah makanan itu sehat apa tidak? Tapi kebanyakan orang di Indonesia mempunyai kebiasaan buruk kalau tentang makanan. Orang Indonesia banyak yang kurang memperhatikan makanan mereka, di mata mereka bahwa makanan sehat itu adalah makanan yang enak dan mahal. 

Tapi sebenarnya, jika kita ingin mencari lebih dalam lagi tentang makanan sebenarnya makanan sehat itu tidak harus mahal…!! Tapi makanan sehat itu murah meriah dan sehat mulia.

Nah….jika anda tidak berhati – hati dalam mengatur menu atau resep makanan anda, maka anda harus mulai mengaturnya. Bagaimana jika anda belum mengerti tentang pengaturan tentang resep makanan sehat? Jangan panik dulu ibu – ibu yang ada di rumah, kita pergi aja ke ahli gizi yang sudah berpengalaman dan ikuti resep yang di berikan.  Tapi ingat pilihlah makanan yang memiliki dampak yang baik pada setiap aspek kehidupan anda, seperti aspek kehidupan anda, kebahagiaan, interaksi sosial, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Namun, ada satu hal yang harus kita perhatikan, untuk orang yang berkantong tebal dan makmur dalam keuangannya, itu berbeda makanan sehatnya dengan kita yang hanya mempunyai penghasilan rata – rata penduduk Indonesia. Maksud saya, untuk orang kaya itu makanan sehatnya salad, dan wortel itu wajib ada ketika mereka makan. Jika mereka malas masak bisa memesan di 14022 layanan 24 jam KFC,..(bukan promosi yah…) tapi bagaimana dengan kita? Aduhai…beli aja ayam potong di pasar, goreng dengan tepung bumbu , jadi deh,,,tidak jauh beda tuh rasanya..hehehehe

Jika anda ingin meningkatkan kualitas resep makanan sehat anda di tahun 2012 ini, saya punya 10 Tips Makanan Sehat Di 2012…! Jangan basa – basi lagi, langsung yang ke pertama :

       1)      Memahami bahwa resep itu mempunyai kelemahan dan mempunyai keterbatasan dan Anda Pasti Bisa Merubahnya.

Maksudnya , jangan pernah mencari resep makanan sehat yang mempunyai kadar “ rendah lemak” tapi mahal…! Cobalah anda putar otak lagi, masih banyak makanan rendah lemak lainnya yang lebih murah dan dijamin anak dan suami anda juga akan suka. Ingat bahwa anda mampu membuat Perubahan.

       2)      Periksalah Apakah Makanan Kebiasaan Anda Adalah Berdampak Buruk Untuk Anda Atau Menyehatkan ? Hilangkan Secara Perlahan – Lahan..!

Hobi makanan berlemak? Hobi ngemil? Tinggalkan secara perlahan – lahan dan mulailah kembali ke jalur yang sehat dan menyehatkan untuk anda. Sehat itu murah, tapi sakit itu mahal…! Maksud saya, ketika anda ingin sehat hal yang harus kita lakukan itu hanya sebagain kecil saja, tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar contohnya makanan. Tapi jika anda telah sakit, coba pikirkan, apakah ada hal yang kecil yang harus anda lakukan? Samua hal yang besar dan memerlukan biaya yang tidak sedikit alias mahal.

       3)      Coba Perhatikan Makanan Di Dapur Anda, Jika Tidak Memberikan Dampak Sehat Berhentilah Untuk Membelinya.

Kebiasaan buruk orang Indonesia, selesai makan langsung di suguhkan makanan penutup berupa makanan yang berlemak dan sama sekali tidak menyehatkan. Hilangkan kebiasaan tersebut, coba kita rubah dengan Apel atau Pisang.

       4)      Rubahlah Kebiasaan Di Saat Anda Makan dan Jangan Teburu – buru…!

Maksudnya adalah, kebiasaan orang itu kan berberda – beda yah, ada yang makan sambil berjalan, ada yang makan sambil mengemudi mobil, tapi tidak ada yang makan sambil jungkir balik…(heheheeh). Nah…kebiasaan itu dapat merusak kualitas makanan anda, cobalah makan dengan posisi duduk dan rileks tanpa harus terburu – buru, dan nikmatilah makanan yang telah di hidangkan oleh Istri tercinta. 

       5)      Dilarang Suka Menebak..!!

Biasanya kebanyakan orang pintar menebak bahwa makanan yang harumnya enak, tekstur makanannya mantap, dan rasanya selangit itu pasti sehat…! Tapi jangan salah dulu, mungkin banyak yang tidak suka dengan sayur Asparagus. Tapi jika anda masak dengan cara yang baik dan menemukan resep baru yang lebih berkualitas, maka sehat untuk anda tidak akan lama menghampiri diri anda.

      6)      Pilihlah Hanya Makanan Yang Sehat Saja

Yang kemudian anda lakukan adalah, anda harus mencari hanya makanan yang sehat dan menyehatkan untuk diri anda. Itu sudah jelas dong,,anda mungkin tidak bisa makan sesuatu yang sehat ketika anda tidak bisa mengerti hal itu. Kunjungi pasar petani yang sudah di rekomendasikan, atau ke supermarket yang sudah teruji tentang masalah kesehatannya.

     7)      Satu Guru Untuk Metode Masak Anda

Maksudnya mas? Begini maksud saya mba, ketika kita suka masak “TUMIS” maka kita bisa menjadikan itu suatu hal yang mendasar. Kita bisa membuat tumisan kangkung dengan berbagai macam sayur sehat di dalamnya, keesokan harinya kita bisa buat tumis dengan bahan lainnya, yang intinya adalah anda sedang menumis masakan favorit keluarga anda. Bagaimana? Semua bebas kok, sesuai inspirasi anda masing – masing. 

     8)      Pastikan Metode Memasak Anda dengan Cara Yang Sehat

Biasakan dalam mengolah makanan, untuk mengukusnya atau dengan memasaknya, karena dengan metode ini maka nutrisi di dalam bahan masakan anda tidak berkurang.

     9)      Jangan Selalu Menu Nasi

Gunakan cara yang terbaik yang bisa anda lakukan, seperti mengganti nasi dengan kentang, tanpa mengurangi tingkat protein seperti nasi. Memang kentang tidak di minati oleh orang rumah anda, tapi olah kentang dengan kreasi kita sehingga semua orang suka, dan kita bisa membuat resep masakan sehat yang baru.

     10)      Gunakan Bumbu yang Baik dan Alami

Untuk makanan sehat yang benar itu harus menggunakan serba alamiah, ketika kita lebih terampil menggunakan bumbu alami maka rasa makanan khas dari diri anda akan tercipta, dan anak kita mau,,,mau,,,dan mau,,lagi. 


Bagaimana menurut anda dengan apa yang telah saya paparkan di atas? Ada yang kurang jelas? Silahkan berikan komentar anda untuk kesempurnaan dari artikel di atas, karena yang sempurna itu hanya milik Tuhan Yang Maha Esa, tapi kita juga harus berusaha untuk mencapai kesempurnaan. Ingat sehat belum tentu mahal..!






























Artikel Yang Lebih Keren..!:


share on facebook

0 komentar:

Post a Comment