Tips Membeli Komputer Yang Benar

pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk menulis, " Tips Membeli Komputer ". 
banyak komputer yang sekarang beredar di tempat penjualan, maksudnya di toko - toko komputer di kota kita
yang semua pasti berbeda dari segi tipe maupun harga di setiap toko komputer yang ada. Tapi kalau kita perhatikan betul - betul komputer di setiap toko itu pasti ada saja yang berbeda. Dari segi fisik misalnya, ada toko komputer yang sangat nakal sekali,alias tidak jujur dalam berdagang yang mengambil sebagian alat atau mengganti alat - alat atau hardwarenya. Nah di sini yang perlu kita perhatikan betul - betul, jangan sampai kita menjadi korban dari penjualan komputer ilegal dan komputer yang rakitan sendiri di jual kembali.

Maka dari itu kita harus cermat dalam memilih komputer yang ingin kita beli, kalau harga sih mas, urusan belakang deh,,, walaupun harganya mahal tapi kualitas mutu terjamin kan kita juga yang menikmatinya,,Betul Tidak??

Saya punya beberapa tips untuk kita semua dan ini berdasarkan yang saya ketahui saja yah,,yuukk lanjuutt,,,,

  1.   Check list parts  
           Processor pilihan yang paling umum saat ini adalah AMD dan intel. AMD menawarkan kinerja yang luar biasa khususnya untuk grafis, sedangkan intel handal untuk segala kebutuhan. Pilihan prosesor lebih ke selera dan kebutuhan. Jika kita suka sekali main game dan suka berdesain grafis yah yang paling cocok untuk anda AMD, terutama 3d AMD bagus banget menurut saya. Jika untuk kantor, digunakan sehari-hari, untuk server, atau warnet, saya sarankan untuk menggunakan intel saja, karena lebih gampang.

    2.     Motherboard 

          Motherboard nah ini dia yang biasanya buat kita bingung saya juga kadang - kadang keliru dengan yang satu ini. Merknya macam-macam begitu juga fiturnya. Yang jelas tanya sama penjualnya apa Motherboardnya cocok dengan prosesor pilihan kita seperti diatas. Merk pilihan saya adalah Abit, ASUS, MSI, Foxconn, Intel. yang menurut pengalaman saya ini merek - merek yang terkenal loh jadi yah jangan taku - taku lagi untuk menggunakannya.


   3.      VGA card

           VGA card VGA card menentukan kualitas gambar dan render biasanya untuk 3D. Ada dua port untuk VGA, PCI-Express (PCI-X) dan AGP. PCI-X adalah teknologi terbaru dan menawarkan 2 kali kecepatan AGP. Biasanya PCI-X sudah banyak terdapat di Motherboard terbaru. Tapi jika hanya dipakai untuk bekerja kantoran, AGP sudah lebih dari cukup. Dan jika anda yang berdana terbatas, VGA card tambahan ini bisa diabaikan jika Motherboard anda memiliki built in VGA card. 

  4.       Memory

             Memory Memory atau RAM adalah tempat penyimpanan sementara berkecepatan tinggi. Saat ini yang tersedia di pasaran adalah jenis DDR-1, DDR-2. Periksa apakah Motherboard  anda mendukungnya. DDR-2 jelas lebih cepat daripada DDR-2 dengan harga yang tidak jauh berbeda.


  5.       Harddisk

             Harddisk Jika Motherboard  anda mendukung SATA jangan ragu - ragu menggunakan SATA. Port IDE lama kurang ekonomis dan kalah cepat dibanding SATA. Harganya juga tidak jauh berbeda. Untuk size itu terserah anda. Semakin besar tentu saja semakin mahal. Yah,,,harga tidak jauh beda lah mas, yang penting kepuasan.


  6.      Soundcard

             Soundcard Kebanyakan Motherboard  sekarang sudah dilengkapi dengan soundcard built ini. Jadi kemungkinan anda tidak usah membelinya. Kecuali jika anda seorang profesional di bidang musik. Anda bisa membeli soundcard add on yang jauh lebih handal seperti Soundblaster Audigy. Nah untuk lebih lengkapnya lagi mas, tanya saja dengan toko yang sudah pandai di bidang komputer.


  7.       Power Supply

              Power Supply PSU (power supply unit) beragam, dari yang murah sampai yang super mahal. Semakin mahal tentu saja semakin stabil pasokan listrik dan semakin awet komponen PC anda. Tapi tidak berarti yang murah itu murahan. Paling tidak komputer anda bisa dipakai seperti biasa. Biasanya PSU standar sudah bersama dengan casing yang bisa anda pilih sesuai selera. Kalau saya pakai PSU yang 700an mas, yang bisa menyimpan arus listrik meskipun mati lampu mas, yah supaya jangan langsung mati komputer kita dengan kaget, kan bisa merusak komputer tuh,,


                Sisanya adalah aksesoris seperti; CD-ROM/DVD-ROM, CDRW/Combo/DVD-RW, Speaker, Monitor, Casing, UPS, Camera, Mouse, Keyboard, Printer, dan sebagainya itu terserah selera anda. Apapun merknya, tidak akan mempengaruhi kinerja atau kecepatan PC yang telah anda beli. Hati-hati, merk mahal belum tentu sesuai, biarpun tapi bukan murahan, yah belilah sesuai dengan kebutuhan.

              Terakhir adalah software. misalnya komputer rakitan tidak disertai software operating system asli sehingga anda harus membelinya. Yaah kalau udah kejepit pengen pas lagi bokek, beli aja yang bajakan Rp. 25 ribu. Tapi kalau mau aman gunakan Open Source Operating System atau kita mengenalnya dengan Linux.


               Mungkin sampai di sini dulu postingan saya kali ini, mudah - mudahan bermanfaat untuk kita semua, terutama siapa saja yang mau membeli komputer rakitan yah perhatikan hal - hal di atas. Terimakasih,wasalam...

      



Artikel Yang Lebih Keren..!:


share on facebook

2 komentar:

Aksesoris Komputer said...

Setuju bro, merk terkenal dan harga mahal bukan jaminan bahwa komputer atau aksesoris komputer yang kita beli bagus kwalitasnya. Teliti sebelum membeli lah, jangan beli kucing dalam karung. Betul nggak bro?

aat said...

benar mas,,kalau kucing dlam karung sih malah parah mas', nanti kalau udah ketipu baru nyesel,,hehehe

Post a Comment